Layanan Telematika di Bidang Informasi
Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan
informasi terus dikembangkan, seperti warnet dan wartel. Oleh karena itu
langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan
pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah,
sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk Balai-balai Informasi. Untuk
melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat. Contohnya: Berita
Cuaca,Index Saham
Layanan Telematika di Bidang Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan
keamanan informasi dan data. layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol,
penentuan akses control dan auditin. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang
berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang
berjalan atau beroperasi tidak seharusnya.
Dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga
agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari
layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contohnya: Emergency Call Polisi
Layanan Telematika di Bidang Context Aware dan Event Based
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk
mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari
pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang
sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi
user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal
yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan
rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung
menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh
panggilan. Contohnya : Google Inbox
Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan
perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang
melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan
informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.
Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telematika
Adapun kelebihan dari layanan telematika diatas, adalah
sebagai berikut :
Dengan adanya
Layanan Telematika di Bidang Informasi,
Bisa meningkatkan
kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat
khususnya kalangan menengah kebawah sehingga dapat merasakan pemerataan
teknologi dan informasi.
Dengan adanya
Layanan Telematika di bidang Keamanan,
Masyarakat pada
umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan, mereka
dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
Pada Layanan
Context Aware dan Event-Based,
Dengan ini si
pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis
sistem yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang
diinginkan si pengguna.
Pada Layanan
Perbaikan Sumber,
Contohnya pada
yellow pages service, setiap orang dapat bantuan yang lebih dalam mencari
alamat / nomor telepon suatu instansi.
Adapun kekurangan dari layanan telematika diatas, adalah
sebagai berikut :
Pada Layanan
Telematika di Bidang Informasi,
Jika perhatian
kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka
lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung
jawab.
Pada Layanan
Telematika di bidang Keamanan,
Keamanan ini juga
berdampak buruk jika ada oknum / Hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu
sistem keamanan.
Pada Layanan
Context Aware dan Event-Based,
Si pengguna akan
terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu,
contohnya, ia tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika ia sedang
rapat.
Pada Layanan
Perbaikan Sumber,
Tidak
mudah mencari / tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi
orang yang ingin mencari informasi didalamnya harus mencari secara manual
dengan membaca indeksnya terlebih dahulu.
Saran
Diperlukannya bantuan dari pemerintah dalam menciptakan layanan telematika yang sesuai dengan
kebutuhan masyarakat,dan bantuan kepada pengelola,pengembang, pendidik untuk meningkatkan layanan.
Daftar Pustaka
[1]
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/pengantar-telematika-materi-2/
[2]
http://diahsocialone.blogspot.com/2014/10/tugas-pertemuan-ke-2-soal-tentang.html
[3]http://www.bappenas.go.id/files/6213/4986/4362/membangun-telematika-dalam-kabinet-baru---oleh-eddy-satriya__20081123135217__10.pdf
[4]
http://jun-ker.blogspot.com/2014/11/layanan-telematika.html
[5]
http://documents.tips/documents/layanan-telematika.html
No comments:
Post a Comment