Tuesday, 24 November 2015

Jenis-Jenis Layanan Pada Telematika

Layanan Telematika di Bidang Informasi
Ada baiknya bila fasilitas publik untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan, seperti warnet dan wartel. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat. Contohnya: Berita Cuaca,Index Saham

Layanan Telematika di Bidang Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamanan informasi dan data. layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin. Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya.

Dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contohnya: Emergency Call Polisi

Layanan Telematika di Bidang Context Aware dan Event Based
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.

Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan. Contohnya : Google Inbox

Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telematika
Adapun kelebihan dari layanan telematika diatas, adalah sebagai berikut :

    Dengan adanya Layanan Telematika di Bidang Informasi,
    Bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah sehingga dapat merasakan pemerataan teknologi dan informasi.
    Dengan adanya Layanan Telematika di bidang Keamanan,
    Masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan, mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
    Pada Layanan Context Aware dan Event-Based,
    Dengan ini si pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis sistem yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan si pengguna.
    Pada Layanan Perbaikan Sumber,
    Contohnya pada yellow pages service, setiap orang dapat bantuan yang lebih dalam mencari alamat / nomor telepon suatu instansi.


Adapun kekurangan dari layanan telematika diatas, adalah sebagai berikut :

    Pada Layanan Telematika di Bidang Informasi,
    Jika perhatian kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.
    Pada Layanan Telematika di bidang Keamanan,
    Keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum / Hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
    Pada Layanan Context Aware dan Event-Based,
    Si pengguna akan terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, contohnya, ia tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika ia sedang rapat.
    Pada Layanan Perbaikan Sumber,
    Tidak mudah mencari / tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi orang yang ingin mencari informasi didalamnya harus mencari secara manual dengan membaca indeksnya terlebih dahulu.

Saran
Diperlukannya bantuan dari pemerintah  dalam menciptakan layanan telematika yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,dan bantuan kepada pengelola,pengembang, pendidik untuk meningkatkan layanan. 

Juga melibatkan lembaga pengawasan mengenai sampai atau tidaknya bantuan yang di berikan pemerintah kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Dan yang terakhir peran masyarakat dalam memelihara fasilitas dari pemerintah dan pemanfaatan informasi yang telah diberikan dalam penggunaannya sehari-hari.

Daftar Pustaka


    [1] http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/12/pengantar-telematika-materi-2/
    [2] http://diahsocialone.blogspot.com/2014/10/tugas-pertemuan-ke-2-soal-tentang.html
    [3]http://www.bappenas.go.id/files/6213/4986/4362/membangun-telematika-dalam-kabinet-baru---oleh-eddy-satriya__20081123135217__10.pdf
    [4] http://jun-ker.blogspot.com/2014/11/layanan-telematika.html
    [5] http://documents.tips/documents/layanan-telematika.html

No comments:

Post a Comment