Definisi antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan
yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka (interface) merupakan komponen sistem operasi yang
bersentuhan langsung dengan pengguna.
Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu :
Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface
(GUI).
1. Command Line Interface (CLI)
CLI merupakan tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi
dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan
program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris
tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau
istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash,
ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi
nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft
menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai
terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
2. Graphical User Interface (GUI)
GUI merupakan tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna
untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon,
menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse
atautrack ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (
window, icon, menu, pointing device). Terdapat beberapa macam Fitur Teknologi
yang terkait dengan antar muka telematika, diantaranya :
a. Head Up Display (HUD)
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan
yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang
lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat
melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah
depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. HUD dibuat untuk
kepentingan penerbangan militer, tetapi sekarang HUD telah digunakan pada
penerbangan sipil, kendaraan dan diterapkan oleh industri otomotif di dunia,
dan BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang meluncurkan produk massal dengan
teknologi HUD di kaca depannya. Teknologi ini tak hanya memberi kenyamanan bagi
pengemudi, melainkan juga keselamatan berkendara. Contoh Head Up Display (HUD)
: Automobile
b. Tangible User Interface
Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka
pengguna di mana orang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan
fisik. Nama awal Graspable User Interface, yang tidak lagi digunakan. Salah
satu pelopor dalam antarmuka pengguna nyata adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor
di MIT Media Laboratory yang mengepalai Berwujud Media Group. Pada visi-Nya
nyata UIS, disebut Berwujud Bits, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi
digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan terlihat. Bit nyata
mengejar seamless coupling antara dua dunia yang sangat berbeda dari bit dan
atom. Contoh Tangible User Interface (TUI) : Mesin Penjawab Marmer dan Sistem
Topobo.
c. Computer Vision
Computer vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang
melihat, di mana lihat dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak
informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Sebagai suatu disiplin ilmu, Computer vision berkaitan dengan teori di balik
sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat mengambil
banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data
multi-dimensi dari scanner medis. Contoh aplikasi dari computer vision :
- Psychology, AI – exploring representation and computation in natural vision
- Optical Character Recognition – text reading
- Remote Sensing – land use and environmental monitoring
- Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
- Industrial Inspection – measurement, fault checking, process control
- Robotic – navigation and control
d. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang
digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP
kamera. Jaringan video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah
sebagai berikut ; Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk
mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP. Transmisi untuk
mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program
aplikasi. Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi
sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi
alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat
server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap
oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data melalui
Internet. Contoh Browsing Audio Data:
informasi berupa teks (text/plain, text/html), image (image/gif,
image/jpeg, image/png), video (video/mpeg, video/quicktime), audio
(audio/basic, audio/wav) dan application (application/msword,
application/octet-stream).
e. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic
speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition).
Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi
tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke
speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa,
seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu
disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali
siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu
bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat
mengartikan pembicaraan siapa saja. Contoh Speech Recognition : Aplikasi
perawatan kesehatan. dalam metode perawatan kesehatan domain, bahkan di
bangunmeningkatkan teknologi pengenalan suara (transcriptionist medis (MTs)
belum menjadi ibunya.
f. Speech Synthesis
Speech synthesis adalah sebuah kemampuan bicara manusia yang
dibuat oleh manusia (artificial). Sebuah sistem komputer digunakan untuk tujuan
ini yang disebut sebagai speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan ke
dalam software atau hardware.Synthesized speech dapat diciptakan dengan
menggabungkan beberapa potongan-potongan dari pembicaraan atau pidato yang
sudah direkam dalam sebuah basis data. Kualitas dari sebuah speech synthesizer dilihat
dari kemiripannya dengan suara manusia dan kemampuannya untuk bisa dipahami.
Contoh Speech Synthesis : sebuah sistem text-to-speech (TTS) yang dapat
mengkonversikan teks dengan bahasa biasa menjadi suara. Program TTS yang jelas
dapat membantu orang dengan gangguan visual atau ketidakmampuan membaca, untuk
mendengarkan pada pekerjaan yang tertulis dalam komputer. Banyak Sistem Operasi
komputer yang telah dimasukkan speech synthesizer sejak tahun 1980-an.
Daftar Pustaka
[1]
http://ml.scribd.com/doc/206037173/Teknologi-Yang-Terkait-Antar-Muka-Telematika
[2]
http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
[3]
https://cepul22.wordpress.com/my-task/fitur-antarmuka-pada-telematika/
[4]
http://oetaribudhi.blogspot.co.id/2014/12/antarmuka-telematika.html
No comments:
Post a Comment